Pencapaian dan "happiness" - Taufiq Amir
653
post-template-default,single,single-post,postid-653,single-format-standard,bridge-core-2.7.2,qode-page-transition-enabled,ajax_fade,page_not_loaded,,no_animation_on_touch,qode-theme-ver-25.7,qode-theme-bridge,disabled_footer_top,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.6.0,vc_responsive

Pencapaian dan “happiness”

Pencapaian dan “happiness”

achievementKita pernah membahas tentang rasa bahagia dalam bekerja banyak ditentukan oleh kebahagiaan-kebahagian kecil. Salah satu strategi untuk mewujudkan hal ini adalah dengan merasakan sungguh-sungguh sebuah pencapaian ? betapapun sederhananya ? sekaligus mengukuhkan karakter ?agency? dalam diri kita. Agency adalah perasaan mampu mewujudkan sesuatu.

Sesungguhnya, begitu banyak pencapaian kita sehari-hari dalam bekerja. Tapi sebagian besar luput dari perhatian kita.? Barangkali karena sifatnya remeh. Misalnya, mereka yang sibuk ?membereskan? urusan anak ke sekolah, tak pernah melihat ini sebagai capaian. Sebuah bacaan penting yang inspiratif yang anda ?paksakan? membacanya demi tambahan wawasan juga capaian. Urusan perbankan anda yang beres ketika anda selesaikan dengan customer servicenya lewat telepon. Ketika anda selesai merampungkan respon anda atas keluhan pelanggan. Atau sebuah permintaan cukup penting dari atasan, kolega atau mitra usaha. Semua pencapaian-pencapaian ini layak untuk anda berikan perayaan kecil dengan merasakan sungguh-sungguh ?kesuksesannya?. Ini juga kesempatan untuk memanjatkan syukur (ya, saya sering mendengar seorang teman mengucapkan ?alhamdulillah? setiap kali sebuah urusannya selesai dengan baik).

Sementara pengukuhan karakter agency merupakan penegasan bahwa anda bukan orang yang helplesness. ?Ini dapat membangun ?sense of progress? atas pengembangan diri anda.? Anda bukan orang yang terjebak, stagnan, pecundang atau frustrasi. Penegasan ini akan menghindarkan diri anda dari rasa bosan, merasa sia-sia denagn sebuah upaya, seakan-akan tak ada lagi yang bisa dilakukan. ?Anda merasa sebagai orang yang memegang inisiatif atas sesuatu ?dapat mewujudkan sesuatu?: Anda berfungsi sebagai ?hammer? bukan ?nail? dalam kehidupan anda. Berikut ini tips Rick Hanson di bukunya Hardwiring Happiness (p.146) untuk menggunakan pengalaman pencapaian dan rasa agency demi kebahagian anda:

  • Berikan perhatian yang lebih ketika anda merasa mencapai sesuatu atau berinisiatif atas sesuatu. Sempatkan juga berefleksi atas pencapaian-pencapaian besar anda bila perlu.
  • Rasakanlah bahwa sesungguhnya anda memiliki kontribusi yang emmberi nilai lebih atas sebuah sitausi pada diri anda dan juga orang lain.
  • Bukalah diri anda selebar-lebarnya atas pengalaman-pengalaman ini, biarkan keyakinan anda tumbuh bahwa anda cukup kompeten dan efektif. Rasakan pula bila ada emosi lain seperti rasa bangga, self-respect, atau perasaan bebas.